Senin, 28 September 2015

KEBEBASAN DAN KEMANDIRIAN MENURUT BANGSA INDONESIA

Kebebasan bisa disebut juga sebagai kemerdekaan. Apa perbedaan kebebasan dan kemandirian?
Bebas atau merdeka ialah melakukan suatu kegiatan sesuai dengan keinginan kita tanpa adanya batasan, sementara mandiri ialah keadaan dimana kita berdiri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain tetapi kita masih membutuhkan orang lain.
     Dalam kebebasan diperlukan yang namanya keinginan "want". Maksudnya want atau keinginan disini ialah sesuatu apa saja yang kita inginkan. Dan  di dalam kemandirian juga diperlukan adanya kompeten dan mengenali diri kita atau kebutuhan kita "need".Jika pada diri kita sudah mempunyai sikap kompeten maka akan terbentuk sikap inovatif. Sikap inovatif sendiri juga dibutuhkan dalam kemandirian.Menjadi seseorang yang inovatif tidak harus berkreasi tetapi bisa juga mengembangkan potensi yang ada pada diri kita.
    Sebenarnya kita terjajah atas keinginan kita "want" bukan dari kebutuhan kita "need". Merdeka ialah bagaimana kita memaknai arti bebas, agar kita menjadi orang yang mandiri. Oleh karena itu, kita harus menjadi bangsa yang merdeka namun menjadi pribadi yang mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar