Senin, 21 September 2015

PENGERTIAN DAN MAKNA PANCASILA

Pancasila ialah dasar Negara, pribadi bangsa dan ideologi bangsa. Pancasila sebagai dasar Negara memiliki makna yaitu berperan sebagai landasan dan dasar bagi pelaksanaan pemerintahan, pembentukan peraturan, dan mengatur penyelenggaraan Negara. Pancasila sebagai pribadi bangsa memiliki makna yaitu perwujudan dari nilai-nilai budaya luhur dan telah tercipta di tengah-tengah masyarakat nenek moyong bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa memiliki makna yaitu pancasila sebaagai visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara.

     Pancasila juga sebagai pedoman atau cita-cita bangsa Indonesia, maksudnya disini adalah pancasila sebagai tujuan hidup bangsa Indonesia. Tujuan bangsa Indonesia adalah untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila.

     Prinsip pancasila yaitu fundamental. Fundamental merupakan suatu dasar. Ketika berbicara mengenai prinsip, terkait dengan sifat dan karakter. Faktor-faktor pembentuk sifat yaitu genetika 20% dan lingkungan 80%. Karakter adalah  segala sesuatu yang walau tidak ada orang melihat dia melakukan.

     Makna pancasila yang terdapat pada lagu "Garuda Pancasila" adalah :
1. Garuda Pancasila. Garuda sebagai lambang Negara dan Pancasila sebagai dasar Negara.
2. Patriot proklamasi bermakna pejuang bangsa yang selalu siap dalam membela negeri.
3. Pancasila sebagai dasar Negara jika di terapkan secara nyata maka rakyat Indonesia akan merasakan keadilan, kemakmuran dan kedamaian.

     Pancasila sebagai ideologi terbuka, terbagi atas 3 :
1. Input : Sila ke-1 dan Sila ke-2
2. Proses : Sila ke-3 dan Sila ke-4 (berkaitan dengan teamwork)
3.Output Sila ke-5(berkaitan dengan keadilan, mewujudkan bangsa yang adil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar