Senin, 21 September 2015

KEBERAGAMAN KEBUDAYAAN INDONESIA

Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya. Keberagaman di Indonesia tidak hanya tentang budaya, tetapi Indonesia juga memiliki beraneka ragam suku, agama, ras, bahasa dan lainnya. Keberagaman sendiri memiliki arti yaitu suatu keadaan yang menunjuk pada perbedaan yang cukup banyak jenisnya. Dan budaya merupakan suatu cara hidup berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Pengertian kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni alam dan zaman (kodrat dan masyarakat). Dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara budaya dan kebudayaan adalah bahwa budaya itu merupakan cipta, rasa dan karsa suatu masyarakat. Sementara kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa masyarakat tersebut.

     Di Indonesia terdapat kurang lebih 1.128 suku dan 700 bahasa. Kita selalu menganggap kebudayaan Indonesia itu harus di lestarikan dan menganggap itu semua penting. Padahal dengan sikap dan perilaku masyarakat Indonesia sekarang yang terpengaruh akan era globalisasi, kita hanya bisa berbicara tanpa bertindak.

     Jika kita menganggap itu semua penting, maka kita harus :
1. Sangat bersemangat.
2. Mencari semua informasi yang berkaitan dengannya.
3. Sangat antusias.
4. Bisa menceritkan hal tersebut dengan detail.
5. Sangat perhatian dengan hal itu.
6. Mengetahui segala tentangnya.
7. Rasa ingin tahunya sangat tinggi.

     Untuk itu kita sebagai bangsa Indonesia harus memahami dan mencari tahu semua informasi yang berkaitan dengan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar