Senin, 21 Maret 2016

REKRUTMEN DAN SELEKSI

Organisasi adalah sebuah wadah yang terdiri dari sekumpulan orang atau individu yang memiliki tujuan yang sama. Organisasi terdiri atas manusia, sistem dan teknologi. Dalam organisasi terdapat sebuah proses yang dinamakan rekrutmen dan seleksi.

APA PENGERTIAN REKRUTMEN DAN SELEKSI ?
Rekrutmen adalah proses mencari, menarik dan menemukan para pelamar kerja untuk diperkerjakan oleh suatu perusahaan. Rekrutmen juga dapat dikatakan sebagai proses mendapatkan sejumlah karyawan (SDM) yang berkualitas untuk menduduki suatu jabatan tertentu dalam perusahaan. Kemudian, seleksi adalah kegiatan yang dilakukan setelah proses rekrutmen dilaksanakan dan memilih sejumlah karyawan untuk ditetapkan sebagai karyawan dalam suatu perusahaan.

BAGAIMANA PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI ?
Proses rekrutmen berlangsung mulai dari mencari pelamar kerja sampai pengajuan lamaran perkerjaan oleh pelamar kerja. Proses seleksi biasanya meliputi langkah-langkah yang biasanya harus dilakukan oleh pelamar kerja yaitu evaluasi persyaratan, testing, wawancara dan ujian fisik.

APA TUJUAN DARI PROSES REKRUTMEN ?
Tujuan dari proses rekrutmen adalah mencari dan menerima pelamar kerja sebanyak-banyaknya yang sesuai dengan persyaratan atau kualifikasi suatu perusahaan, sehingga memungkinkan terjaring calon karyawan yang terpilih dengan kualitas tertinggi.

APA SAJAKAH JENIS-JENIS SELEKSI ?
  • Seleksi Administrasi.
  • Seleksi Tertulis.
  • Seleksi Tidak Tertulis.
Sumber :
- Catatan Kuliah
- http://stiebanten.blogspot.co.id/2011/05/pengertian-rekrutmen-dan-seleksi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar