Kamis, 19 Mei 2016

KESEHATAN, KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA

Assalamu'alaikum wr.wb
Hallo guys, salam sejahtera untuk kita semua. Apa kabar kalian? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.
Kali ini saya akan menyampaikan sedikit informasi tentang K3 dalam perusahaan. Apa yang dimaksud dengan K3 dalam perusahaan? K3 adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan manusia yang berkerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.

KESEHATAN
Menurut wikipedia, kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan,jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan pengertian kesehatan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948 menyebutkan bahwa kesehatan adalah suatu kesehatan fisik, mental dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan.

KEAMANAN
Keamanan adalah keadaan bebas dari cidera fisik dan psikologis atau bisa juga keadaan aman dan tentram (Potter & Perry, 2006). Kebutuhan akan keselamatan atau keamanan adalah kebutuhan untuk melindungi diri dari bahaya fisik.

KESELAMATAN KERJA
Pengertian keselamatan kerja sendiri yaitu tingkat kebebasan terhadap resiko atau bahaya pada lingkungan kerja (Gloss 1984)

CONTOH KEAMANAN DAN KESELAMATAN KERJA
Dibawah ini merupakan contoh alat-alat keamanan dan keselamatan kerja
-Safety Shoes
-Masker
-Penutup Telinga
-Kaca Mata Pengaman
-Jas Hujan
-Safety Helmet
-Sarung Tangan
-Tali Pengaman




HAL-HAL YANG DAPAT MENGANCAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
1. Kecelakaan kerja : Peristiwa yang terjadi di tempat kerja yang menyebabkan cedera langsung.
2. Adanya penyakit menular : Seperti penyakit HIV dan Hepatitis B, kedua penyakit ini harus mendapatkan perhatian khusus karena penyakit tersebut sangat berbahaya.
3. Suara Gaduh : Suara bising yang dapat mempengaruhi karyawan, baik kesehatan maupun kinerja karyawan.
4. Gangguan muskuloskeletal (MSDS) : Cedera yang terjadi karena gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang.
5. Berbahaya zat paparan : Biasanya terjadi pada karyawan di pabrik kimia, pembasmi hama dan buruh tani  yang menggunakan insektisida dan kemungkinan dapat terkena zat kimia tersebut.

JADWAL KERJA
Kebanyakan orang yang bekerja jadwal standar sekitar 8 jam per hari selama hari kerja.
Jenis-jenis jadwal kerja :
-Shift malam
-Kerja malam
-Shift kerja yang panjang
-Flextime

CONTOH KASUS KECELAKAAN KERJA
Dua karyawan tewas dalam tragedi jatuhnya lift di Tower B Gedung Nestle, Pekantoran Hijau Arkadia, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Kecelakaan ini terjadi pada hari Kamis, 10 Desember 2015 pukul 09.40 WIB. Kecelakaan ini dikarenakan tali utama lift berkarat, namun belum dapat dipastikan tali utama tersebut apakah jatuh atau terlepas. Korban diketahui meninggal yaitu 2 orang karyawan PT Nestle Indonesia dan 1 orang luka-luka dari PT ISS.

Berdasarkan berita diatas dapat disimpulkan bahwa keamanan dan keselamatan kerja sangat penting dalam perusahaan. Keamanan yang dimaksud adalah bagaimana karyawan merasa aman ketika sedang melakukan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan produktivitas kinerja. Keselamatan kerja juga sangat penting dalam perusahaan, sama halnya seperti keamanan. Oleh karena itu suatu perusahaan harus meningkatkan tingkat keamanan dan keselamatan kerja.























Sumber :
-Catatan Kuliah
-https://id.wikipedia.org/wiki/Kesehatan_dan_keselamatan_kerja
-http://azizherwitselalu.blogspot.co.id/2013/05/psikologi-keselamatan-kerja.html
-http://belajarpsikologi.com/pengertian-kesehatan/
-http://news.liputan6.com/read/2386645/kronologi-jatuhnya-lift-maut-perkantoran-arkadia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar