Kamis, 28 April 2016

PERFORMANCE MANAGEMENT AND APPRAISAL

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hallo, apa kabar kalian semua? Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi yang telah saya dapatkan. Saya ingin membahas tentang performance managemet and appraisal atau manajemen dan penilaian kerja.
  Setiap perusahaan pasti memiliki sistem manajemen. Sistem manajemen disini dibentuk untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. Penilaian kerja sangat berpengaruh terhadap sistem manajemen suatu perusahaan. Penilaian kinerja merupakan kegiatan yang secara formal dilakukan untuk mengetahui serta menilai seberapa jauh pelaksanaan kinerja apakah masih sesuai atau tidak dengan rencana yang disepakati.  

Tujuan penilaian kinerja disini seperti :
  • criterion data (data kinerja)
  • employee development (perkembangan karyawan)
  • motivation (motivasi)
  • reward (bonus/penghargaan)
  • promotion (promosi) 
  • layoff (terkait dengan memecat dari awal)
   Dan adapun tujuan manajemen kinerja seperti perhitungan gaji dan benerfit untuk karyawan, umpan balik dari atasan ke bawahan, recognition terhadap kinerja yang rendah dan tujuan jangka panjang perusahaan. Yang harus dinilai dalam penilaian kinerja adalah knowledge, skill dan attitude. Pada kenyataannya penilaian kinerja di perusahaan hanyalah knowledge dan skill. Sementara attitude merupakan hal terpenting dalam penilaian kinerja. Terdapat 2 cara dalam penilaian kinerja yaitu dengan sistem penilaian 180o dan sistem penilaian 360o  


Sejumlah kendala dalam penilaian :
- Subjektivitas
- Faktor budaya
- Skill yang dimiliki pemberi nilai
- Kualitas dari tool  

Untuk menghindari kemungkinan memberikan penilaian yang subyektif dan meminimalisasi masalah-masalah terhadap penilaian kerja, banyak perusahaan yang menerapkan sistem penilaian 360o. Pada penilaian ini karyawan bukan hanya dinilai oleh atasannya tetapi juga dinilai oleh rekan kerja, kolega, customer, manajer dan bawahannya.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb


Sumber :
  1. Catatan Kuliah
  2. http://www.esaunggul.ac.id/article/manajemen-kinerja/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar